Gen Z Jadi Kelompok Paling Banyak Mengenal dan Manfaatkan AI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Generasi Z atau Generasi Z merupakan kelompok yang mengetahui dan memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) untuk memenuhi kebutuhan dan mengekspresikan kreativitasnya. Dalam studinya, Google melibatkan 1.508 masyarakat Indonesia, 474 di antaranya adalah Generasi Z.

Head of Android Google Indonesia Danny Gallant pada acara “Galaxy AI Media Session: The Future of Artificial Intelligence Technology on Mobile Devices” yang diselenggarakan Forum Jurnalis Teknologi di Jakarta, Kamis (14/12/2023). penelitian telah tercapai. Hasilnya, 45 persen Gen Z menyadari keberadaan AI. Gen Z Jadi Kelompok Paling Banyak Mengenal dan Manfaatkan AI

“Ini (45 persen Gen Z) dibandingkan dengan empat dari 10 orang yang mengatakan mereka sadar akan pentingnya kecerdasan. Ini menunjukkan banyak orang yang mulai mempelajari teknologi ini,” kata Danny.

Temuan lain dari penelitian ini adalah 18 persen Gen Z sudah menggunakan layanan AI, yang merupakan fitur bawaan ponsel mereka.

Danny menambahkan, Gen Z yang telah menggunakan kecerdasan buatan di ponselnya kemungkinan besar akan menggunakan fitur tersebut untuk mengeksplorasi produk visual, mengedit foto, atau membuat video estetis. 35 persen dari mereka mengatakan mereka menggunakan fitur ini.

Selain itu, fitur lain yang umum digunakan untuk menggunakan AI pada perangkat Z adalah dukungan produktivitas, seperti pencarian dan pengurutan data, dengan 29 persen pengguna Z menggunakan fitur ini.

Seiring bertambahnya jumlah masyarakat, khususnya generasi muda, Samsung berusaha memberikan solusi bagi mereka, salah satunya dengan menyiapkan terobosan baru melalui Galaxy AI yang akan debut pada tahun 2024.

Veri Octavianus, Senior Product Marketing Manager MX Samsung Electronic Indonesia, mengatakan Galaxy AI akan menawarkan dua layanan menarik, yakni cloud AI dan on-device AI.

AI di Perangkat adalah layanan unik yang akan menghadirkan banyak peningkatan bagi pengguna perangkat Samsung. Salah satu pemanfaatan kecerdasan buatan yang ditunjukkan Vera adalah AI Live Translate Challenge. Gen Z Jadi Kelompok Paling Banyak Mengenal dan Manfaatkan AI

See also  Google Year in Search 2023 Indonesia, Warganet Kepo Konser Coldplay hingga Serial Gadis Kretek

“Fitur ini jelas memudahkan orang berkomunikasi dalam bahasa asing. Nanti ketika digunakan dalam interaksi, misalnya saat melakukan panggilan, akan langsung beralih kembali ke bahasa pengguna,” kata Veri.

About the author: admin

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *