Kurangi Sampah Plastik, Mahasiswa FIA UI Gagas Water Refill Vending Machine

JAKARTA – Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Manajemen Universitas Indonesia (FIA UI) merintis usaha mesin pengisi air di lingkungan UI. Seorang mahasiswa UI berhasil mendapatkan pendanaan sebesar Rp 100 juta melalui program UI Incubate 2023.

Pengembangan bisnis ini dipandang sebagai solusi cangkir atau minuman untuk membantu mengurangi sampah plastik agar lingkungan tetap lestari. Kurangi Sampah Plastik, Mahasiswa FIA UI Gagas Water Refill Vending Machine

“Proses pengembangan konsep bisnis Akuwater didorong oleh meningkatnya sampah botol plastik dan sulitnya mencari tempat untuk mengisi air mineral,” kata Edelin Patricia Lasse, perwakilan grup Akuwater. siaran pers, Rabu (13/12/2023). 15 Dokumen yang Harus Disiapkan untuk Daftar LPDP Reguler 2024, Cek Apa Saja

Edelin menjelaskan, terkadang sulit menemukan botol isi ulang di tempat umum, seperti di kampus, sehingga harus membeli minuman dalam kemasan. Melihat kelebihan dari dispenser air otomatis, Aquawater akan menyebarkan mesin tersebut ke lingkungan universitas. “Tujuannya untuk memudahkan warga kampus dalam mengisi botol minumnya,” jelasnya.

Akuwater merupakan dispenser air ramah lingkungan dan mesin pengisian air otomatis untuk pengisian air mancur. Mesin-mesin tersebut terletak di berbagai gedung perguruan tinggi di UI, dan pengguna paling umum adalah mahasiswa, dosen, dan staf universitas.

Jenis air mineral yang dijual tersedia dalam dua ukuran, 300 ml dan 600 ml, serta tiga suhu: dingin, normal, dan panas. Injeksi air diharapkan dapat menghilangkan sampah plastik dan sulitnya mencari tempat pengisian air mineral di tempat umum khususnya di perguruan tinggi.

Melalui Akuwater, Edelin dan rekan-rekannya mampu membangun prototipe pertamanya dan dengan percaya diri mempresentasikannya di UI Incubate Demo Day. Akhirnya ide mereka mampu mendapatkan pendanaan sebesar Rp100 juta pada kategori program “Pasar Produksi” (PMF).

See also  Viral Uang Sumbangan di SMKN 1 Depok, Tiap Siswa Dipatok Rp2,8 Juta

Keberhasilan ini menunjukkan bahwa konsep bisnis Akuwater memiliki potensi pasar yang kuat dan mampu menjawab tantangan sosial.

Program Inkubasi UI merupakan program yang dibuat oleh Direktorat Innovation and Science Techno Park (DISTP) mulai tahun 2021 dan seterusnya. DITP berfokus pada program perguruan tinggi tahap awal dengan membagi program masuk bisnis menjadi sistem tiga tingkat. ), Kesesuaian Pasar Produk (PMF), dan Skala (SU). Kurangi Sampah Plastik, Mahasiswa FIA UI Gagas Water Refill Vending Machine

Program ini bertujuan untuk mengintegrasikan hasil penelitian dan inovasi civitas akademika perguruan tinggi Indonesia, menyelesaikan permasalahan sosial, dan meningkatkan pengelolaan wirausaha muda dan startup berbasis teknologi.

Selama mengikuti program ini, Aquawater mendapatkan nasehat bisnis bagaimana mengembangkan ide bisnis menjadi produk yang siap dipasarkan. Aquawater memiliki banyak peluang untuk berjejaring dan membangun hubungan dengan modal ventura dan startup lainnya. Di akhir program, Akuwater akan merilis model produksi alat air otomatis.

About the author: admin

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *