Dosen UNM Berikan Pelatihan Proposal Skripsi Berkualitas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Mahasiswa tingkat akhir dari berbagai program studi (prodi) se-Indonesia mengikuti pelatihan penulisan proposal penelitian (tesis) yang antusias diselenggarakan oleh mahasiswa pendidikan Indonesia Program Pendidikan Umum Fakultas Ilmu Pendidikan. Pekerjaan Universitas baru saja dilakukan secara online.

Pelatihan tersebut dihadiri oleh seorang motivator yaitu Jordi Lasmana Putra seorang content designer pendidikan yang sering berbagi nasehat seputar dunia pembelajaran dan pendidikan serta merupakan dosen tetap pada Program Studi Informatika Kampus Bisnis Digital Universitas Nusa Mandiri. UNM). Dalam dua sesi pleno, Jordi Lasmana Putra membimbing peserta melalui strategi praktis penulisan bagian utama proposal tesis. Dosen UNM Berikan Pelatihan Proposal Skripsi Berkualitas

Siswa Madrasah Dapat Honorable Mention Olimpiade Fisika Internasional di Tokyo

Pada sesi pertama, penekanan diberikan pada rencana penulisan pendahuluan, meliputi langkah-langkah penting mempersiapkan latar belakang, mengidentifikasi masalah, mendefinisikan masalah, membingkai masalah, dan menentukan maksud dan tujuan penelitian.

“Sesi pertama ini bertujuan untuk memberikan landasan yang kokoh kepada mahasiswa dalam menciptakan pengenalan yang jelas dan inspiratif,” Jordi Lasmana Putra dalam keterangan tertulisnya, Kamis (14/12/2023).

Jordi menjelaskan, mahasiswa yang mengikuti acara ini hendaknya memahami dengan baik bagian pendahuluan atau bab pembuka dari penelitian atau tesis yang ditulis, sehingga akan berdampak positif pada penyusunan proposal secara keseluruhan dengan baik. Sesi kedua dilanjutkan dengan strategi penulisan bagian tinjauan literatur. Peserta diajak memahami langkah-langkah penting pencarian sumber pustaka, pengembangan kajian teori, pengembangan kajian penelitian yang sesuai, penetapan hipotesis penelitian, dan pengembangan proses berpikir.

“Sesi kedua ini akan membantu para peserta untuk memahami pentingnya tinjauan pustaka sebagai landasan teori dalam penelitiannya. Saya berharap setiap peserta dapat menggunakan strategi ini dalam penyusunan tinjauan pustaka yang mendalam,” kata Jordi. .

See also  Kans Lolos IPB Besar, Pilih 15 Jurusan dengan Daya Tampung Besar Jalur SNBP dan SNBT Berikut Ini

Ia berharap magang ini tidak hanya memberikan bimbingan teknis tetapi juga menciptakan lingkungan kolaboratif yang mendukung pertumbuhan akademik mahasiswa.

“Ajaklah berdiskusi dengan rekan-rekan, pimpin bersama pengelola dan jangan lupa manfaatkan media sosial dengan menonton konten-konten akademik seputar pidato/skripsi, untuk mengurangi konten-konten tontonan yang menayangkan kengerian skripsi. Saya berharap kepada para mahasiswa yang turut serta dalam pelatihan ini akan mengatasi tantangan penulisan skripsi dengan lebih percaya diri dan terampil,” ujarnya. Dosen UNM Berikan Pelatihan Proposal Skripsi Berkualitas

About the author: admin

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *