Paha Bagian Dalam Terasa tak Nyaman? Waspada Gejala Peradangan Prostat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Apakah Anda merasakan rasa tidak nyaman di paha bagian dalam? Nyeri yang tidak dapat dikenali secara langsung oleh penderita, namun terkadang terasa di anus, merupakan salah satu gejala peradangan pada kelenjar prostat atau prostatitis.

Dokter spesialis urologi RS Pondok Indah mengatakan, “Pasien datang tanpa menjelaskan atau langsung menunjukkan rasa sakitnya. Mereka hanya bilang tidak nyaman, kadang sampai ke anus.” Hilman Hadiansyah, Sp. U di Jakarta, Selasa (19/12/2023). Paha Bagian Dalam Terasa tak Nyaman? Waspada Gejala Peradangan Prostat

Kenali Gagal Ginjal Kronis, Penyakit yang Diidap Lukas Enembe Sebelum Meninggal

Kelenjar prostat adalah kelenjar yang terletak di bawah kandung kemih. Peradangan pada kelenjar ini biasanya disebabkan oleh bakteri dan dapat berlangsung kurang dari tiga bulan atau akut dan lebih dari tiga bulan atau kronis.

Jika dilihat lebih jauh gejalanya, antara lain nyeri di selangkangan, stomatitis, dan rasa terbakar di ujung penis saat buang air kecil. “Pasiennya juga demam, jadi perlu dirawat,” kata Hillman.

Selain itu, LUTS atau gejala saluran kemih bagian bawah, atau lebih tepatnya gejala saluran kemih bagian bawah, seperti sering buang air kecil, aliran urin buruk, mengejan, kadang ada darah di sperma, darah. dalam urin dan sensasi terbakar. Gejala radang kelenjar prostat dapat berupa gejala LUTS – nyeri saat buang air kecil, sulit buang air kecil, dan disfungsi ereksi karena rasa tidak nyaman di daerah panggul, disfungsi ereksi.

Prostatitis dapat terjadi pada semua usia, namun paling sering terjadi pada pria di bawah usia 50 tahun, dan 8,2 persen pria akan mengalami kondisi ini seumur hidup mereka. “Penyebab paling umum adalah infeksi bakteri. Misalnya sering buang air kecil. Sering terjadi pada pasien yang terjebak dalam perjalanan jauh, kemudian timbul nyeri saat buang air kecil. Lalu, misalnya trauma pada panggul atau panggul,” dia berkata. dia berkata. Paha Bagian Dalam Terasa tak Nyaman? Waspada Gejala Peradangan Prostat

See also 

Selain infeksi bakteri, trauma dan peradangan pada kelenjar prostat juga mungkin belum diketahui penyebabnya. Pria dengan daya tahan tubuh lemah atau penderita diabetes yang daya tahan tubuhnya tidak sekuat orang sehat berisiko terkena prostatitis. Pasien dengan riwayat prostatitis, infeksi kandung kemih berulang, dan hasil biopsi prostat yang tidak bersih sehingga menimbulkan infeksi bakteri juga berisiko terkena prostatitis.

About the author: admin

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *