KRL Jabodetabek Tambah 24 Perjalanan di Malam Tahun Baru 2024

bahissitelerikayit, Jakarta – PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) atau KAI Commuter bersiap menyambut kawasan transportasi pada musim Natal 2023/2024. Termasuk juga peningkatan jumlah apartemen di jalur KRL Jaboditabek pada Tahun Baru 2024.

Selama Natal, KRL Jabuditabek mengoperasikan 1.100 perjalanan per hari, jam operasional mulai pukul 04.00-24.00 WIB, kata VP Corporate Secretary KAI Passenger Anne Purba. KRL Jabodetabek Tambah 24 Perjalanan di Malam Tahun Baru 2024

Dengan frekuensi perjalanan tersebut, maka kapasitas penumpang jalur penumpang KRL Jaboditabek sebanyak 2.141.340 penumpang per hari.

Khusus Tahun Baru, KRL Jabodetabek juga berencana menjalankan tambahan 24 perjalanan penumpang di semua rute, kata Ann di kantor PT KCI di Jakarta, Rabu (20/12/2023).

Namun, tambah Ann, penambahan armada KRL Jabodetabek sebanyak 24 ini masih menunggu persetujuan pemangku kepentingan untuk diumumkan secara resmi oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan. Pesanan Shopee Video Meningkat 45X Lipat dan Transaksi Shopee Live 49x lipat di 12.12 Birthday Sale

Lebih lanjut, Ann memperkirakan pelanggan RL Jaboditabek akan mencapai 14,4 juta pada musim Natal. Naik 8 persen dibandingkan tahun lalu yakni 13,3 juta orang. Kereta Bandara Soekarno-Hatta

Sedangkan untuk layanan KA Bandara Soekarno-Hatta (Basuta Passenger Line), KAI Passenger mengoperasikan 56 perjalanan selama periode Nataru. Dengan total daya dukung 1008 orang per hari.

Total penumpang yang menuju bandara jalur Netaro diperkirakan sebanyak 90.000 orang, meningkat 26 persen dibandingkan tahun lalu yang berjumlah 70.000 orang, tambahnya.

Sementara itu, kereta lokal Merrick diperkirakan mengalami peningkatan 16% dibandingkan Natal tahun lalu, dengan 177,000 penumpang. Tahun ini total pelanggan diperkirakan sekitar 202.000 orang dengan total 14 perjalanan per hari, dengan jam kerja pukul 05.05 WIB hingga 23.00 WIB, ujarnya.

See also  PHEI Resmi Luncurkan Electronic Indonesia Bond Market Directory

Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (DJKA) bersama Kereta Komuter Indonesia (KAI Commuter) akan memindahkan peron KRL di Stasiun Mangarai pada Selasa (19/12/2023) malam.

Maka skema peron KRL baru akan diterapkan mulai besok Rabu (20/12/2023).

Luqman Al-Amin, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Jakarta, menjelaskan penyeberangan (SO) ke-7 dilakukan pada malam hari agar tidak mengganggu lalu lintas kereta api dan memastikan kondisi lintasan aman untuk dioperasikan.

“Kami menggunakan window timing untuk menjalankan SO ini, sehingga dimulai setelah kereta terakhir berjalan dan berakhir sebelum kereta pertama berangkat,” kata Luqman dalam keterangannya, Selasa (19/12/2023).

Sekadar informasi, penyeberangan adalah tindakan berpindah ke suatu jalur yang aktif karena adanya perubahan pola yang ada karena adanya pembangunan atau hal lain yang memerlukan peralihan jalur.

SO ke-7 di Stasiun Mangray ini dilakukan sehubungan dengan pengaktifan jalur baru 1 dan 2 stasiun beserta peronnya, serta penomoran ulang jalur di Stasiun Mangray. KRL Jabodetabek Tambah 24 Perjalanan di Malam Tahun Baru 2024

Di lantai satu (di jalur tanjakan) terdapat jalur 1 sampai dengan 8 untuk perjalanan Commuter Line Cikarang dan Jalur Pinggiran Basoetta, serta KA antar kota. Sedangkan jalur Bogor tetap tidak berubah dan tetap menggunakan platform yang sama.

“Kami akan menyiagakan petugas untuk membantu pergerakan penumpang setelah SO ketujuh agar penumpang mudah menyesuaikan diri dan menghindari kebingungan,” lanjut Lukman.

Selanjutnya dilakukan penyesuaian nomor lintasan dan peron bagi pengguna lintasan di stasiun Mangray dengan rincian sebagai berikut. Pengguna Commuter Line Sikaring tujuan Tanah Abang/Kampong Bandan yang semula peron 6 dilayani antara peron 7 akan dialihkan. pada peron antara jalur 1 dan 2; Jalur Penumpang Bekasi/Sikaring Pengguna Jalur Penumpang Sikaring yang semula dilayani di peron Jalur 8, akan dialihkan ke peron antara Jalur 3 dan 4. Pengguna pengumpan jalur penumpang tujuan Tanah Abang/Kampung Bandan yang semula dilayani di peron Jalur 6 dan 7, akan dialihkan ke peron antar Jalur 1 hingga 4. Pelanggan Jalur Penumpang Bandara Suita yang semula dilayani di Jalur 9 akan dialihkan ke Jalur 7 dan 8.

See also  XL Axiata Pastikan Kesiapan Layanan Jelang Liburan Nataru 2024, Tingkatkan Kapasitas 2 Kali Lipat

About the author: admin

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *