Sering Malas Olahraga, Lakukan 7 Langkah Ini Agar Lebih Semangat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Latihan fisik tidak selalu memberikan banyak motivasi. Ada faktor lain yang membuat kita malas berolahraga. Misalnya saat Anda sedang sakit atau sibuk bekerja. Namun, ada beberapa cara menghilangkan rasa malas saat berolahraga. Simak tujuh tren berikut ini, seperti dilansir LiveStrong, Rabu (13/12/2023):

1. Mempersiapkan peralatan olah raga Sering Malas Olahraga, Lakukan 7 Langkah Ini Agar Lebih Semangat

Setelah melewatkan satu hari latihan, Anda dapat menyiapkan pakaian dan perlengkapan untuk olahraga keesokan harinya di tempat tidur Anda. Ini akan mengingatkan Anda untuk berolahraga besok dan memotivasi Anda.

“Saat Anda bangun, Anda melihat perlengkapan Anda dan segera memakainya. Jangan biarkan diri Anda bingung. Terkadang, cara terbaik untuk memaksakan diri adalah dengan keluar rumah,” kata Garret Seacat, pelatih bersepeda Absolute Endurance.

2. Buat jadwal pelatihan Warga Tolak Penyebaran Nyamuk Wolbachia di Bandung, Begini Respons Kemenkes

Untuk mengatur diri sendiri, Anda bisa membuat jadwal latihan. Michele Kerulis, seorang profesor kesehatan mental dan olahraga di Northwestern University, merekomendasikan untuk mencatat waktu olahraga di kalender Anda seperti pertemuan lainnya.

“Jadwal saya berubah. Penting bagi saya untuk mengetahui apa yang akan saya lakukan dan kapan saya akan melakukannya. Ketika Anda mendaftar ke tim dan membayar, maka Anda memiliki komitmen finansial,” ujarnya.

3. Jadilah kreatif

Bersikap fleksibel dan kreatif dalam berolahraga dapat menjadi kunci untuk terus berolahraga meskipun Anda tidak menginginkannya. Mengubah rutinitas olahraga bisa menjadi cara untuk membuat Anda tetap bergerak sepanjang hari. Misalnya, Anda yang terbiasa menghabiskan waktu berjam-jam di gym, kini bisa bersepeda atau berjalan kaki.

4. Mengetahui alasan untuk berolahraga

Mengetahui alasan Anda berolahraga dapat memotivasi Anda saat Anda merasa lesu. Setiap orang memiliki alasan berbeda untuk terus berolahraga, seperti guru Lauren Leavell. Baginya, olahraga menunjang kehidupan dan pekerjaannya. “Saya membutuhkan waktu pribadi untuk mendukung kelas yang saya ajar di gym atau saat saya berjalan-jalan dengan orang yang saya latih,” katanya.

See also  Tes Urine Kapolda Jatim Teddy Minahasa Mengandung Obat Tertentu, Ternyata Begini Metode Skriningnya

5. Sambil mendengarkan musik

Saat Kerulis merasa pengaruhnya semakin berkurang, ia meningkatkan kekuatannya dengan memutar playlist. Ini akan memutar daftar putar acak yang penuh dengan musik rap atau pop atau lagu-lagu dari pertunjukan Broadway.

Musik telah terbukti meningkatkan kinerja, menurut ulasan Juni 2021 di Journal of Functional Morphology and Kinesiology, karena mengaktifkan otot, meningkatkan detak jantung, dan meningkatkan kinerja.

6. Perbaiki cara Anda berbicara kepada diri sendiri Sering Malas Olahraga, Lakukan 7 Langkah Ini Agar Lebih Semangat

Leavell menggunakan daftar putar untuk memotivasi dirinya sendiri, tetapi Anda mungkin juga mendengarnya berbicara sendiri. Berbicara secara positif dan mengafirmasi dapat meningkatkan motivasi, membuat orang merasa kompeten dan mampu, menurut Ilmu Saraf Kognitif dan Afektif Sosial. Anda bisa mencoba mengatakan, “Saya kuat, saya kuat.”

7. Dapatkan pengaruh di media sosial

Menjadi termotivasi dan aktif dalam berolahraga sering kali berarti mengatasi pikiran, kelelahan mental, dan hambatan. Situs media sosial khusus dapat menjadi penambah motivasi dan emosional yang akan membantu Anda tetap aktif.

About the author: admin

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *