UI dan UKI Toraja Kolaborasi Ajari Warga Toraja Budidaya Jamur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Universitas Kristen Indonesia Toraja (UKI Toraja) dan Universitas Indonesia bekerjasama dalam bidang pendidikan, budaya Ia mengikuti program Kosabangsa 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Jamur tiram mikoponik. Lembang Sa’ dan Ulusasu dan Tampo Makale; Toraja Teknologi Sulawesi Selatan.

Untuk mendukung keberhasilan program tiga bulan tersebut, diadakan kegiatan sosial dan workshop untuk membantu pembuatan tas jamur tiram dengan teknologi mikoponik. Kampanye ini dilaksanakan dua kali pada 12-13 November dan 24-27 November 2023. UI dan UKI Toraja Kolaborasi Ajari Warga Toraja Budidaya Jamur

Kegiatan sosial dan workshop ini difasilitasi oleh instruktur prodi Biologi UI Dr. Retno Lestari dan guru program pengajaran PGSD UCI Toraja Vonnisye, MPD; Tim Pengabdian Theresyam Kabanga’, M.Pd, Ir Adewidar Marano Pata’dungan, MP. Ahmad Eka S. Fathan Mubina, Putera Ikhsan dan tiga mahasiswa UKI Toraja, Arianto Sapu’; Turut pula tiga perwakilan mahasiswa UI: Ayudhi Fajar L dan Lediana Attha. Wamendagri Kukuhkan 533 Calon Praja IPDN Angkatan XXXIV Jadi Praja Pratama

Tim pengabdian juga bekerja sama dengan Direktorat Pengabdian dan Kinerja Masyarakat (DPPM) Universitas Indonesia dan Departemen Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Kristen Indonesia Toraja.

Dijalankan oleh kelompok Kosabangsa UI-UKI Toraja yang bertujuan untuk memberikan pelatihan awal bagi mitra masyarakat untuk mengembangkan teknologi Mikoponik. Kegiatan pada kunjungan pertama meliputi kegiatan penyadaran dan pembagian tas. Setelah itu, pada perjalanan kedua, mahasiswa kedua universitas tersebut dibimbing oleh pelatihan pembuatan media tas dan penanaman bibit jamur tiram.

Mitra masyarakat yang mengikuti kegiatan pelatihan adalah Dasawisma Krisan di Lembang Sa’dan Ulusu dan Dasawisma Seruni di Tampo Makale. Peserta kegiatan ini sebagian besar adalah ibu-ibu rumah tangga yang ingin menanam jamur.

See also  Anggur Lama dalam Bejana Baru: Usaha Kecil Guru Erfan Lestarikan Sastra di Manggarai Timur

Ketua Pelaksana Kosabangza UKI Toraja Vonnisye mengatakan Lembang Sa’dan Ulusalu dan Tampo Makale memiliki banyak permasalahan dan belum banyak usaha yang bisa menambah pendapatan khususnya bagi para ibu-ibu. Harapannya dengan adanya kursus ini dapat mengenalkan kepada masyarakat bagaimana cara membuat tas, cara menanam jamur, dan cara menanam bibit tiram.

“Kami berharap Lembang Sa’dan Ulusasu dan Tampo Makale ke depannya bisa menjadi desa binaan kami,” kata Vonisye, Depok. Diposting oleh Kelompok Pengabdian Masyarakat UI Jawa Barat pada Sabtu (9/12/2023).

Rifka Membunga dan Beatrix Bonde yang memimpin Dasawisma Krisan dan Seruni mengaku penampilan mereka sangat mengesankan. “Saya sangat senang Dasawisma Krisan belum melihat kemajuan atau perkembangan apa pun sejak berdirinya,” kata Rifka Membunga, Presiden Dasawisma Krisan.

Rifka berkata, Saat Vonnisye menelpon dan menghubunginya mengenai program Kosabangsa, ia mengaku sangat bersemangat dan ingin mengikuti program tersebut.

Hingga saat ini, Tiap lokasi mempunyai 1.500 kantong medium atau lapisan tempat pertumbuhan jamur tiram yang disimpan dalam keramba jamur. Kantong tersebut dibagikan sebagai fasilitas start-up produksi jamur tiram di Universitas Indonesia. Diharapkan jumlah tas akan bertambah setelah dilaksanakannya kegiatan pelatihan penyadaran tersebut. Selain itu, dalam waktu dekat diharapkan hasil budidaya jamur tiram di kedua daerah tersebut dapat segera dipanen dari instansi masing-masing. UI dan UKI Toraja Kolaborasi Ajari Warga Toraja Budidaya Jamur

Berkat dukungan berbagai pihak, antara lain DPPM UI dan UKI Toraja, serta mitra masyarakat, seluruh kegiatan dapat berjalan lancar.

About the author: admin

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *