Jangan Khawatir, Ini 7 Cara Ampuh Menghentikan Hidung Meler

bahissitelerikayit, Jakarta – Untuk menghentikan masuk angin, perlu diketahui penyebabnya. Hidung meler akibat pilek biasanya hilang dengan istirahat dan hidrasi, sedangkan pilek mungkin perlu diobati dengan obat-obatan.

Hal-hal yang dapat menyebabkan masuk angin antara lain: Virus (misalnya pilek, flu, COVID-19) Cuaca dingin Sinusitis Makanan dan minuman Jangan Khawatir, Ini 7 Cara Ampuh Menghentikan Hidung Meler

Penyebab masuk angin (kronis) atau sering masuk angin antara lain : Alergi o Hormon Polip hidung

Biasanya pengobatan rumahan sudah cukup untuk membantu mengatasi flu. Berikut beberapa cara mencegah pilek seperti dilansir Verywell Health pada Sabtu, (16/12/2023). 1. Minuman panas

Jika seseorang mengalami infeksi virus atau bakteri yang menyebabkan pilek dan gejala lain seperti sakit tenggorokan, meminum sesuatu yang hangat dapat meredakannya. Air membantu sistem kekebalan tubuh bekerja lebih baik dengan mempermudah sel-sel tubuh menerima nutrisi.

Berdasarkan penelitian dari jurnal Rhinology, partisipan yang meminum air panas saat sedang pilek atau flu akan langsung terbebas dari gejala pilek, batuk, bersin, sakit tenggorokan, menggigil, dan kelelahan. Punya Peran Besar Terhadap Kesehatan, Kamu Harus Tahu 5 Keuntungan Punya Sahabat

Pasalnya, uap panas dari teh panas masuk ke hidung sehingga menyebabkan cairan keluar dengan cepat.

Ini juga membantu mengencerkan lendir. Jika Anda merasa mual, pilihlah minuman hangat yang bergizi dan menghidrasi, seperti sup ayam, daun teh, dan air hangat dengan madu dan lemon.

Menghirup uap panas terbukti membantu mengatasi pilek. Sebuah studi dari Journal of Dental and Medical Sciences menegaskan bahwa menghirup uap sangat bermanfaat bagi penderita flu biasa. Hal ini akan mempersingkat waktu penyembuhan infeksi sekitar seminggu lebih cepat dibandingkan tidak berenang di uap.

See also  TGIPF Sebut Gas Air Mata Jadi Sebab Meninggalnya Ratusan Korban Tragedi Kanjuruhan, Bahayanya Ganggu Kinerja Otak!

Jika seseorang merasa sesak, membungkuk di atas mangkuk atau panci berisi air panas dapat membantu membersihkan saluran hidung dan mengalirkannya dengan lebih efisien.

Cara Menggunakan Uap untuk Pendinginan: Tuangkan air mendidih ke dalam mangkuk atau panci. Pastikan air berada pada permukaan padat agar tidak tumpah atau lengket. Jangan menaruh air panas di kaki Anda. Simpan di permukaan yang stabil dan halus, jauh dari hewan peliharaan dan anak-anak. Selanjutnya, letakkan handuk di atas kepala Anda dan membungkuklah di atas baskom dengan wajah sekitar satu kaki di atas air. Saat uapnya terhirup, seseorang dapat menghindari luka bakar dengan menjauhi air. Karena terdapat risiko luka bakar, sebaiknya jangan menggunakan uap pada wajah untuk membantu mendinginkan anak. Anda dapat menambahkan beberapa tetes minyak esensial untuk meningkatkan uap pada hidung Anda. 3. Mandi air panas

Mandi air panas seperti menghirup uap. Seseorang dapat mandi atau duduk di lantai kamar mandi dan menghirup kabut di sekitarnya.

Mandi uap lebih aman untuk anak-anak dibandingkan metode menghirup uap lainnya. Mandi mengurangi tumpahan air panas yang tidak disengaja yang dapat menyebabkan luka bakar.

Namun, anak-anak harus selalu diawasi saat berada di kamar mandi dengan air panas.

Hidung meler biasanya merupakan tanda bahwa tubuh sedang melawan infeksi. Seseorang harus banyak istirahat untuk membantu sistem kekebalan tubuh melakukan tugasnya.

Usahakan untuk tidur tepat waktu atau lebih awal jika Anda sedang pilek atau penyakit lainnya. 5. Kompres hangat

Kompres hangat pada wajah dapat membantu mengencerkan lendir sehingga mendorong keluarnya lendir.

Seseorang dapat membuat kompres hangat sederhana menggunakan waslap di bawah air hangat dan menempelkannya pada hidung dan mata selama 10 hingga 15 menit. 6. Hidrasi Jangan Khawatir, Ini 7 Cara Ampuh Menghentikan Hidung Meler

See also  Tips Tetap Sehat dan Aktif Memasuki Usia 50-an, Kumpul Bareng Teman-Teman Masuk Daftar

Pembersih udara menambah kelembapan pada udara. Ini membantu membersihkan lendir dan meredakan pilek.

Mudah digunakan di kamar saat tidur. Pastikan humidifier dalam keadaan bersih, karena area basah dapat menjadi tempat berkembang biaknya jamur dan bakteri.

Menggunakan pengharum ruangan di dalam ruangan juga dapat membantu membersihkan hidung. Mesin tersebut mengubah air menjadi uap air yang dengan lembut memenuhi udara. Saat dikeluarkan, cairan tersebut larut dan membantu membersihkan kelebihan cairan dari hidung sehingga pernapasan dapat kembali normal.

Pelembab membantu mengatasi pilek. Jenis yang dipilih akan bergantung pada tujuan dan preferensi. Seseorang mungkin harus mencoba beberapa merek sebelum menemukan merek yang cocok.

Berikut beberapa jenis obat semprot hidung: Semprotan hidung saline (larutan garam yang digunakan untuk membersihkan saluran hidung) Steroid hidung topikal, seperti Nasonex (mometasone) dan Flonase (fluticasone propionate) Antihistamin hidung topikal, termasuk Astelin dan Astepro (azelastine), dan Patanase (olopatadine) Dekongestan hidung, seperti Atrovent Nasal (nasal ipratropium) Penstabil tiang hidung, seperti NasalCrom (cromolyn)

About the author: admin

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *