Kementerian PUPR: SPAM Semarang Barat Layani Air Minum 350 Ribu Orang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengumumkan Proyek Strategis Nasional atau PSN Sistem Penyediaan Air Minum atau Spam Limbah Semarang mampu menyediakan air minum untuk 350 ribu orang.

“Masyarakat sangat menantikan keberadaan Spam Semarang Barat, khususnya untuk meningkatkan pasokan air bersih melalui pipa di Kota Semarang,” kata Juru Bicara Kementerian PUPR Andra S Atmawidja di Jakarta, Sabtu (16/12/2023). . Kementerian PUPR: SPAM Semarang Barat Layani Air Minum 350 Ribu Orang

Cara Daftar Beli LPG 3 Kg Pakai KTP, Ternyata Mudah!

Andra menambahkan, pembangunan Spam Semarang Barat merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang akan selesai pada akhir tahun 2023 dan siap digunakan untuk melayani masyarakat.

Kementerian PUPR secara bertahap telah menyelesaikan pembangunan Spam Semarang Barat di Provinsi Jawa Tengah. Kehadiran spam dapat menjawab permasalahan ketersediaan air bersih dan menipisnya lahan di Kota Semarang.

Spam Semarang Barat berkapasitas 1.000 liter per detik dan layanan air minum mencakup 70.000 sambungan rumah tangga (SR) atau setara 350.000 jiwa di wilayah Tugu, Semarang Barat, dan Ngalyan. Layanan spam diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan lokal sehingga masyarakat dapat menikmati air minum bersih dan meningkatkan standar kesehatan masyarakat terkait air bersih.

Sumber air baku Spam Semarang Barat berasal dari Bendungan Jatibarang. Pada 2017-2019, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juwana membangun intake Rp 105 miliar 1050 liter per detik dengan anggaran APBN Direktorat Jenderal Sumber Daya Air PUPR. Selain itu, pada tahun 2019 hingga 2021, Instalasi Pengelolaan Air (IPA) Jatibarang dibangun dengan Rencana Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) yaitu PT ASB dengan biaya sebesar Rp417 miliar.

See also  Dana Kampanye Anies Paling Kecil Dibanding Prabowo dan Ganjar, Nilainya Cuma Segini

Pada akhir tahun 2021, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya akan meningkatkan kinerja Spam Semarang Barat dengan membangun jaringan distribusi utama sepanjang 52,2 km untuk mendukung program KPBU. Pekerjaan dilakukan bersama Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Tengah PT Wijaya Karya-Jemilang (KSO) sejak November 2021 dan selesai pada April 2023.

Jaringan distribusi sepanjang 13,2 km dari cekungan Daseli, jaringan distribusi sepanjang 5,9 km dari cekungan Manyaran 1, jaringan distribusi sepanjang 15,8 km dari cekungan Manyaran 2, dan jaringan distribusi sepanjang 15,8 km menelan biaya pembangunan sekitar Rp 224 miliar. Jaringan distribusi 17,3 km dari Waduk Bambankarep. Kementerian PUPR: SPAM Semarang Barat Layani Air Minum 350 Ribu Orang

Spam Semarang Barat merupakan pilot project pengembangan sistem penyediaan air minum dengan menggunakan sistem pembiayaan KPBU di provinsi Jawa Tengah. Selain itu, Pemerintah Kota Semarang mengelola sampah tersebut melalui model Perumada Air Minum Tirta untuk menyuplai air minum ke sambungan rumah tangga.

About the author: admin

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *