Pertama di Sumut, FKG USU Miliki Cad/Cam Alat Canggih Pembuatan Gigi Tiruan

Sumatera Utara – Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Sumatera Utara (USU) memperkenalkan peralatan dan teknologi kesehatan modern, antara lain computer aided design (CAD) dan computer-aided manufacturing (CAM).

Open house melihat alat Cad/Cam ini dilaksanakan di Museum FKG USU pada Selasa, 20 Juni 2023. Acara ini dihadiri langsung oleh Rektor USU, Profesor Muryanto Amin, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Sumut, Alwi Mujahit Hasibuan, Dekan FKG USU, Dr. Dr. Essie Okteria, Sp. KGA dan Kepala Laboratorium Gigi FKG USU, Prof. Haslinda Z Tamin. Pertama di Sumut, FKG USU Miliki Cad/Cam Alat Canggih Pembuatan Gigi Tiruan

Rektor USU, Profesor Muryanto Amin menjelaskan, acara ini dilengkapi dengan peralatan canggih yang disediakan oleh FKG USU. Sebab alat ini merupakan investasi antara alat penunjang akademik dan faktor perekonomian USU sendiri.

“Pekerjaan ini memberikan pengetahuan peralatan medis kepada Kedokteran Gigi USU. Ini bagian dari perekonomian dan pendidikan,” kata Profesor Murry kepada wartawan di sela-sela acara.

Profesor Muryanto mengatakan, timnya meminta pemangku kepentingan yang merupakan dokter gigi untuk melaporkan bahwa FKG USU memiliki perangkat pintar tersebut. Pengabdian kepada masyarakat di bidang perawatan gigi dan mulut.

“Alat ini pertama kali ada di USU, mungkin di Sumut. Kalau seseorang mencetak gigi berhari-hari, dalam hitungan jam sudah bisa digunakan,” kata Profesor Murry.

Profesor Murry mengatakan Cad/Cam merupakan peralatan kesehatan yang dibeli USU untuk menunjang keahlian dan mendatangkan uang bagi USU. Pelamar Daftar Seleksi Calon ASN Kemenag Banjir Peminat, Capai Ratusan Ribu

“Ini merupakan proses pembelajaran yang berkesinambungan, dan ini memungkinkan dokter gigi untuk mencetak gigi di sini dengan biaya melalui dana USU,” kata Muryanto.

See also  Keroyok Seorang Pelajar, 9 Oknum Perguruan Silat di Jombang Ditangkap Polisi

Dekan FKG USU, Dr. Dr. Essie Okteria, Sp. KGA mengatakan Cad/Cam ini merupakan promosi bagi FKG USU, Rumah Sakit Gigi dan Mulut USU, Laboratorium Gigi FKG USU dan fasilitas kesehatan barunya.

“Kita punya teknologi yang canggih, kita bisa membuat gigi tiruan hanya dalam waktu 1 x 24 jam. Biasanya bisa sampai seminggu,” kata Essie.

Dengan teknologi tersebut, Essie mengatakan pihaknya siap bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut dan Pemerintah Kota (Pemkot) Medan untuk terselenggaranya wisata gigi dan kesehatan di Kota Medan. Oleh karena itu, untuk perawatan gigi dan pelayanan kesehatan, masyarakat tidak perlu pergi ke luar negeri.

“Di sisi lain, bisa membantu wisata gigi yang terbatas. Di daerah terpencil suatu saat nanti tidak ada dokter gigi,” kata Essie.

Kepala Laboratorium Gigi FKG USU Profesor Haslinda Z Tamin menjelaskan, sebagai perguruan tinggi, Cad/Cam merupakan yang pertama di Sumut tempat peralatan kesehatan canggih FKG USU.

“Kalau kita bicara Cad/Cam, ada yang di lab, ada pula yang di klinik. Kalau Cad/Cam itu di klinik, mungkin dokter gigi bisa.. center, hanya di USU,” jelas Profesor Haslinda.

Profesor Haslinda menjelaskan, Cad/Cam memiliki dua layanan, yaitu untuk tenaga profesional dan layanan kesehatan untuk masyarakat, untuk pembuatan gigi tiruan. Untuk pembuatan implan gigi, pihaknya telah bekerjasama dengan beberapa rumah sakit di Sumut.

Profesor Haslinda mengatakan gigi tiruan bisa dibuat dalam waktu singkat, hanya 24 jam. Gigi pasien siap dirawat dengan cepat dan akurat.

“Kemudian prosedur laboratoriumnya dikirim ke sini melalui internet, dan selesai dalam waktu 24 jam. Sehingga kami bisa memberikan pelayanan sosial kepada masyarakat,” kata Haslinda.

Haslinda menyampaikan, kebutuhan akan gigi palsu sangat tinggi, karena FKG USU merupakan satu-satunya laboratorium profesi perguruan tinggi di Sumut yang hanya berlokasi di USU.

See also  Pelamar Daftar Seleksi Calon ASN Kemenag Banjir Peminat, Capai Ratusan Ribu

“Model-model sebelumnya kita susun, kalau bekerja sama dengan masyarakat, penambalan gigi bisa dilakukan di klinik. Namun, proses pembuatan protesa perlu dilakukan di laboratorium. Dengan bekerja sama bagi kami, ini mendukung kecepatan dan kecepatan. .Pengerjaan lebih akurat menggunakan alat Cad./Cam, sampai saat ini kami melakukannya secara manual, kata Profesor Haslinda.

Juga, Prof. Haslinda mengatakan timnya juga menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas untuk menjalankan Cad/Cam secara efisien, akurat dan profesional. Oleh karena itu, segala fasilitas juga disediakan.

“Kita sudah siapkan SDMnya, percuma kalau kita punya peralatan pintar, kalau kita tidak punya SDM percuma. Jadi di USU kita punya profesor yang mengajarkan teori, mereka ada di sini. Kita lakukan dengan cara melamar Kita melakukan pelatihan, misalnya kita bekerja sama “Dengan rumah sakit, kita perlu melatih sumber daya manusianya. Kami melakukan pelatihan,” kata Profesor Haslinda. Pertama di Sumut, FKG USU Miliki Cad/Cam Alat Canggih Pembuatan Gigi Tiruan

Biaya penggunaan fasilitas Cad/Cam disebutkan. Profesor Haslinda mengatakan bahwa dibandingkan dengan biaya pembuatan gigi palsu tradisional, biaya Cad/Cam 2-3 kali lebih tinggi, dan ini sangat mahal.

“Juga untuk peralatannya, tapi tergantung kebutuhan pasien. Kita kirimkan kembali ke pasien, dibandingkan ke luar negeri lebih murah,” kata Profesor Haslinda.

Dalam proses ini juga dilakukan penandatanganan kerjasama antara FKG USU dengan RS Murni Teguh, RS TK II Putri Hijau Medan dan RS Drs H Amri Tambunan Kabupaten Deli Serdang.

Penandatanganan kerja sama antara FKG USU juga dilakukan oleh Persatuan Prostodonsia Indonesia cabang Medan, Persatuan Periodontologi Indonesia, Kombes Medan. Ikatan Dokter Gigi Indonesia Cabang Sumatera Utara.

Kemudian, Persatuan Pengwil Ortodontik Indonesia Sumut, Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Mulut Indonesia Pengwil Sumbagut, dan Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia Pengda Sumut.

See also  30 Prodi Saintek dan Soshum Unpad Terketat di SNBP dan SNBT 2023, Calon Pendaftar 2024 Wajib Tahu

Keterangan foto: Open House Peragaan Peralatan Cad/Cam FKG USU yang dihadiri langsung oleh Rektor USU Profesor Muryanto Amin dan Dekan FKG USU Dr. Dr. Essie Okteria, Sp. KGA. KIP Award 2023, USU Raih Predikat Informatif Ketiga Kalinya Berturut-turut Dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2023, Universitas Sumatera Utara (USU) kembali meraih penghargaan dan dinobatkan sebagai institusi berpredikat informatif. bahissitelerikayit.co.id 22 Desember 2023

About the author: admin

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *