Kaleidoskop 2023: Sukses Indonesia Gelar Piala Dunia U-17, Panggung Pemain Muda Unjuk Gigi

bahissitelerikayit JAKARTA – Setelah Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023, tak hanya Indonesia yang mendapat kesempatan menjadi tuan rumah ajang olahraga tak terduga tingkat internasional, tapi juga Indonesia.

Indonesia pertama kali mengikuti Piala Dunia U-17 atau ketiga kalinya mengikuti turnamen sepak bola FIFA. Di level senior, timnas Indonesia di Piala Dunia 1938 masih bernama Dutch East. Hindia, Indonesia juga ikut serta dalam Piala Dunia U-20 1979. Kaleidoskop 2023: Sukses Indonesia Gelar Piala Dunia U-17, Panggung Pemain Muda Unjuk Gigi

Perlu diketahui, keikutsertaan Indonesia pada ketiga ajang tersebut tidak diraih semata-mata karena kinerja di lapangan. Indonesia terpilih sebagai tuan rumah alternatif Piala Dunia U-17 2023 tanpa persiapan infrastruktur seperti tuan rumah asli Peru.

Keputusan FIFA memilih Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 merupakan sebuah kejutan, mengingat apa yang terjadi beberapa bulan sebelumnya.Pencalonan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 dibatalkan dua hari sebelum pengundian turnamen tersebut karena alasan yang sama. “keadaan saat ini”.FIFA memilih Argentina untuk Indonesia.

Belum ada penjelasan lebih lanjut, namun penarikan tersebut diduga karena adanya penolakan dari beberapa kepala daerah asal Indonesia, salah satu peserta, yang menentang kehadiran Israel. FIFA mempertimbangkan keberatan tersebut terhadap komitmen Indonesia sebelumnya yang menjadi tuan rumah bagi seluruh kontestan.

Latihan FIFA telah menimbulkan kekhawatiran besar di kepulauan ini. Banyak yang takut akan skenario terburuk jika mereka dikeluarkan dari sepak bola Indonesia. Hal ini pernah dialami Indonesia pada tahun 2015, ketika tim nasional dilarang mengikuti kompetisi internasional.

Namun kekhawatiran tersebut belum terbukti. Dana dari program bernama FIFA Forward 3.0 itu dikenakan sanksi administratif oleh FIFA yang jumlahnya mencapai $5,6 juta atau Rp83 miliar.

Piala Dunia U17 2023 akan berlangsung antara 10 November hingga 2 Desember. Sebagai tuan rumah yang baik, Indonesia kembali mendapatkan kepercayaan FIFA.

See also  67 Pereli Bertarung di Grand Final APRC Danau Toba 2023, Ijeck Bidik Juara Nasional

Jakarta International Stadium (JIS) sebelumnya bukan bagian dari arena Piala Dunia U20, namun akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U17. Keberadaan stadion ini menjadi stigma karena tidak memenuhi standar FIFA. Bos Madura United Bela PSSI, Tak Setuju Rekomendasi TGIPF Soal KLB

Namun setelah diperbaiki, JIS akhirnya terpilih dan menjadi penyelenggara event terbanyak di turnamen tersebut. Namun, seiring berjalannya turnamen, kesesuaian lapangan tersebut dipertanyakan. Salah satunya fokus pada padang rumput yang kurang indah di TV.

Hingga Piala Dunia U17, JIS memang sukses menyelenggarakan semua turnamen. Wilayah JIS bahkan telah memenangkan penghargaan FIFA.

Manajemen lapangan FIFA yang mengawasi langsung turnamen-turnamen khusus dari awal hingga akhir di JIS menilai sistem drainase dan rumput JIS sangat baik, terbukti dengan cepatnya air yang masuk ke lapangan terserap oleh hujan lebat.

Mereka juga menilai lapangan JIS sudah memenuhi persyaratan Dewan FIFA. “Visibilitas lapangan yang dipasang hanya untuk 3 putaran memang bukan yang terbaik, namun selama 16 pertandingan yang dimainkan di JIS, pantulan dan aliran bola adalah yang terbaik. dari 3 tempat lainnya”, FIFA. katanya dalam pesannya.

Jerman mengalahkan Prancis 4-3 (2-2) melalui adu penalti pada final Piala Dunia U-17 FIFA 2023 di Stadion Manahan. Pencapaian ini mencetak banyak rekor.

Yang pertama adalah kumpulan judul. Jerman memenangkan Piala Dunia U17 untuk pertama kalinya dalam sejarahnya. Prestasi terbaik mereka sebelumnya terjadi pada final edisi 1985.

Jerman menjadi negara Eropa kesepuluh yang mendominasi ajang tersebut. Mereka adalah Nigeria (5); Brasil (4); Meksiko (2); Ghana (2); Perancis Inggris Swiss mengikuti jejak Arab Saudi dan Uni Soviet.

Ferris Brunner dan kawan-kawan menjadi tim pertama yang meraih gelar juara Euro U-17 dan Piala Dunia U-17.Juni lalu, Jerman mengalahkan Prancis pada laga U-17 Euro 2023.

See also  Timnas Indonesia Bawa 6 Pemain yang Berkarier di Eropa untuk TC Piala Asia 2023

Catatan lain di balik prestasi Jerman U-17 adalah lengkapnya koleksi trofi FIFA, yang sebelumnya telah memenangi empat Piala Dunia (1954, 1974, 1990, 2014) dan satu Piala Dunia U-20 (1981).

Jerman adalah Brasil; Prancis dan Inggris mengikuti tiga negara untuk melengkapi trofi FIFA.

Brasil telah memenangkan Piala Dunia Senior lima kali; lebih banyak dibandingkan kelompok lain. Selecao pada tahun 1958; 1962 1970 Dilakukan pada tahun 1994 dan 2002. Samba memenangkan Piala Dunia U20 (5 kali) pada tahun 1983; 1985, 1993, juga mendominasi pada tahun 2003 dan 2011.

Sementara itu, Brasil di Piala Dunia U-17 tahun 1997; 1999 pada tahun 2003 dan 2019 ia empat kali meraih podium teratas. Saat ini mereka berada di posisi kedua di belakang Nigeria dengan 5 poin.

Prancis memenangkan Piala Dunia pada tahun 1998 dan 2018. Mereka memenangkan satu kali Piala Dunia U-20 (2013) dan Piala Dunia U-17 (2001).

Sedangkan Inggris meraih satu trofi dalam tiga pertandingan tersebut. Itu adalah Piala Dunia 1966; Mereka memenangi Piala Dunia U20 2017 dan Piala Dunia U17 2017.

Timnas Indonesia sarat dengan target lolos ke babak grup Piala Dunia U-17 2023. Namun, Bima Sakti gagal melaju ke babak gugur karena hanya mengumpulkan dua poin dari tiga pertandingan. Indonesia bermain imbang dengan Ekuador dan Panama serta kalah dari Maroko di Grup A, menyisakan Ahkan Kaka dan kawan-kawan dalam perebutan tiga tim teratas grup.

Meski kalah, Bima Seketi menyebut turnamen tersebut bisa memberikan pengalaman berharga bagi para pemain muda Indonesia.

Pesan moralnya, kita berharap sepak bola kita semakin berkembang di Piala Dunia ini. Kita berharap mereka termotivasi karena nanti akan menjadi persiapan menghadapi timnas Indonesia U-19 atau U-20, kata Antara.

See also  Top 3 Berita Bola: Sir Jim Ratcliffe Ingin Datangkan Wonderkid Prancis untuk Manchester United

Selain itu, ia meminta para pemain untuk tetap serius dan terus berusaha. Apalagi mengingat usia mereka masih remaja dan karir sepak bolanya masih jauh dari kata selesai. Kaleidoskop 2023: Sukses Indonesia Gelar Piala Dunia U-17, Panggung Pemain Muda Unjuk Gigi

Banyak pengalaman yang saya dapatkan kemarin dari sepak bola kelas dunia. Peluang mereka untuk menjadi lebih baik lagi untuk sepak bola Indonesia masih sangat lebar, ”ujarnya.

Bima Sakti meminta maaf kepada masyarakat dan suporter atas kegagalan Indonesia mencapai babak 16 besar.

“Saya juga mohon maaf atas hasil kemarin karena saya tidak lolos ke babak 16 besar. Sebagai orang tua di tim, saya bertanggung jawab atas hasil ini. Saya berharap para pemain tetap menjaga harapannya untuk menjadi harapan sepakbola Indonesia,” ujarnya. dikatakan.

Piala Dunia U17 menjadi wadah bagi para pemain muda untuk menarik perhatian klub-klub dalam upaya membangun karier. Banyak nama yang sukses dan menjadi incaran klub-klub besar.

Salah satunya adalah Claudio Acheberry. Pemain berusia 17 tahun itu diakuisisi Manchester City dari River Plate. Menurut laporan Guardian, Kamis (28/12/2023), City telah mencapai kesepakatan dengan River Plate terkait biaya transfer Achuvari. Warga negara menebus Acheberry sebesar 25 juta euro.

City telah meningkatkan pembicaraan dengan River Plate mengenai kepindahan Claudio Aceveri. Mereka tak ingin mendahului Barcelona yang sangat meminati pemain muda Argentina itu.

Pemain muda lainnya adalah Esteban Willian, yang mencetak tiga gol dan memberikan tiga assist saat Brasil mencapai perempat final.

Esteban diincar oleh banyak klub di Eropa karena bakatnya yang luar biasa. Manchester United Barcelona Mundo Deportivo mengabarkan bahwa Paris Saint-Germain dan Manchester City sedang mencari tanda tangan pemain berjuluk Messino itu.

About the author: admin

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *