Jelang Tahun Baru, Ini Cara Nyiapin Mental Agar Lebih ‘Tahan Banting’ pada 2024

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Bagi banyak orang, awal tahun baru merupakan kesempatan untuk merefleksikan kehidupan yang dijalani dan memikirkan rencana masa depan. Selain menyasar berbagai prestasi, kesehatan mental dan kesejahteraan juga harus diutamakan.

Caranya tidak harus mewah, cukup kendalikan pikiran agar tidak terlalu khawatir, membaca kutipan inspiratif dan afirmasi harian di pagi hari. Halaman Jamaica-Glanner, Jumat (29/12/2023): Jelang Tahun Baru, Ini Cara Nyiapin Mental Agar Lebih ‘Tahan Banting’ pada 2024

1. Buatlah jurnal rasa syukur

Menuliskan hal-hal, orang-orang, dan peristiwa-peristiwa yang Anda syukuri sepanjang tahun dapat membantu meningkatkan kesehatan mental Anda. Cara ini akan melengkapi keadaan psikologis Anda. Menulis juga tidak memakan banyak waktu, cukup beberapa menit saja dalam sehari. Orang Dewasa Perlu Vaksin Apa Saja? Ini Rekomendasi Paling Baru

2. Habiskan lebih banyak waktu bersama keluarga

Stres sehari-hari dapat membuat Anda sulit menghabiskan lebih banyak waktu bersama orang yang Anda cintai. Awal tahun bisa menjadi waktu untuk menghabiskan lebih banyak waktu bersama pasangan, anggota keluarga, atau teman dekat.

3. Latih suatu keterampilan

Mempraktikkan keterampilan atau menyadari saat ini membuat seseorang lebih sadar akan kehidupan yang dijalaninya setiap saat. Hal ini akan membantu seseorang untuk mengenal dirinya lebih baik dan tidak terlalu memikirkan pengalaman masa depan atau masa lalu.

4. Tidur teratur

Jadi kurang tidur bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan. Oleh karena itu, berbagai permasalahan dapat diatasi dengan meningkatkan kualitas tidur. Usahakan untuk mendapatkan tidur yang cukup setiap malam sesuai dengan ritme sirkadian internal Anda.

5. Konfirmasikan pemeriksaan kesehatan

Memperhatikan kesehatan fisik sangat penting untuk menunggu hal-hal yang tidak diinginkan. Hubungi penyedia layanan primer Anda dan mintalah tes yang diperlukan, seperti mammogram atau kolonoskopi. Tindak lanjuti dengan pemeriksaan gigi dan mata. Jelang Tahun Baru, Ini Cara Nyiapin Mental Agar Lebih ‘Tahan Banting’ pada 2024

See also  Gibran Akhiri Debat Cawapres dengan Ucapkan Terima Kasih dan Salim ke Mahfud MD dan Cak Imin

6. Kendalikan emosi Anda

Jika Anda sedang marah di tahun 2023, cobalah untuk mengendalikan semua amarah. Kemarahan dan kecemasan kronis dapat menimbulkan dampak jangka panjang yang tidak diinginkan terhadap kesehatan secara keseluruhan, terutama bagi wanita. Kemarahan kronis dapat berdampak buruk pada tubuh, menyebabkan sakit kepala, kecemasan, masalah pencernaan, tekanan darah tinggi, dan kondisi lainnya.

About the author: admin

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *