Menhub: Sejumlah Negara Minat Investasi di Pelabuhan Patimban

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kehadiran Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat dapat menyeimbangkan arus logistik antara wilayah Barat, Tengah, dan Timur Indonesia. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengajak para pengusaha untuk memanfaatkan Pelabuhan Patimba sebagai hub kegiatan logistik dan ikut serta dalam pengembangan ekosistem pelabuhan.

“Beberapa negara kini sudah menyatakan minatnya untuk berinvestasi,” kata Budi dalam keterangan tertulis, Senin (25 Desember 2023). Menhub: Sejumlah Negara Minat Investasi di Pelabuhan Patimban

Kementan Percepat Pembangunan Infrastruktur Jalan Usaha Tani

Budi menjelaskan, pemerintah sedang membangun infrastruktur transportasi laut seperti Pelabuhan Patimban untuk melaksanakan pembangunan dengan model Indonesia-sentris atau merata di seluruh wilayah. Pelabuhan Patimba merupakan proyek strategis nasional (PSN) yang dibangun dengan biaya investasi Rp 18,9 triliun.

Budi berharap Pelabuhan Patimba dapat meningkatkan daya saing logistik nasional sehingga mendukung terwujudnya visi “Indonesia Emas 2045” yang diusung Presiden Joko Widodo. “Pelabuhan Patimba akan menjadi pelabuhan utama bersama Pelabuhan Tanjung Priok, bagian dari rantai pasok global,” kata Budi.

Budi mengatakan, pemerintah terus berupaya mengembangkan Pelabuhan Patimban agar bisa beroperasi maksimal. Beberapa upaya yang dilakukan adalah peningkatan kapasitas pelabuhan, pembangunan jalan akses, dan pembangunan ekosistem di sekitar kawasan pelabuhan.

Pemerintah terus menyelesaikan pembangunan pelabuhan Patimban tahap pertama seperti terminal peti kemas berkapasitas 250.000 TEU dan terminal bus CBU berkapasitas 218.000 yang telah selesai dibangun. Saat ini sedang dibangun tahap 2 yang akan meningkatkan kapasitas terminal mobil menjadi 600.000 CBU dan terminal peti kemas menjadi 3,75 juta TEU. Menhub: Sejumlah Negara Minat Investasi di Pelabuhan Patimban

See also  Sri Mulyani Ungkap Kinerja Pasar Keuangan Domestik: Modal Asing Surplus Rp60 Triliun

About the author: admin

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *