Tol Fungsional Jogja-Solo Beroperasi Hari Ini, Diprediksi Dilewati 10 Ribu Kendaraan

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO — Tol fungsional Jogja-Solo mulai dibuka hari ini, Jumat (22/12). Jalan tol tersebut beroperasi mulai pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB untuk menampung Nataru 2023-2024.

Direktur Utama PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM) Suchandra P Hutabarat mengatakan, dengan beroperasinya tol tersebut sudah terdapat pos pemeriksaan. Setelahnya, pihaknya bersama Dinas Perhubungan dan kepolisian akan bertugas di pos pemeriksaan masing-masing untuk membantu kelancaran lalu lintas. Tol Fungsional Jogja-Solo Beroperasi Hari Ini, Diprediksi Dilewati 10 Ribu Kendaraan

Domba Batur, Domba Lokal Berkualitas Daging Premium Sukses Menembus Pasar Internasional

“Jadi hari ini kita buka jam 06.00 pagi. Kita operasikan, tapi kita panggil polisi dulu dan juga tim kita dari Kementerian Perhubungan. Masing-masing (pihak) bergantian menunggu di posko yang ditetapkan untuk pengendalian lalu lintas. tanpa kendala,” kata Hutabarat, Jumat (22/12/2023).

Hutabarat menjelaskan, tol tersebut akan berjalan satu arah, yakni dari Kartasura hingga Karanganom pada 22-31 Desember untuk lalu lintas mudik ke Yogyakarta. Sedangkan arus balik akan dibuka mulai 1 hingga 3 Januari.

Jalan tol tersebut akan beroperasi selama 11 jam. Tidak buka pada malam hari karena tidak ada lampu di jalan tol. “Untuk arus mudik arahnya ke Jogja sampai tanggal 31 untuk arus mudik. Nanti arus balik 1-3 dari Karanganom Kartasura,” ujarnya.

“Dianggap beroperasi dari jam 6 pagi sampai jam 5 sore karena belum ada penerangan, belum dipasang,” imbuhnya.

Hutabarat juga mengatakan kecepatan kendaraan juga dibatasi hingga 40 km/jam. Diperkirakan juga akan ada sedikitnya 10 ribu kendaraan per hari. “Di sepanjang jalan raya kami pasang rambu batas kecepatan, batasnya hanya 40 km per jam. Menurut perkiraan kami, lalu lintas yang lewat mungkin antara 7.000 hingga 10.000 kendaraan per hari. Idul Fitri,” ujarnya.

See also  Ini Alamat Posko dan Bengkel Siaga Toyota 24 Jam Selama Liburan Nataru 2023

Ia juga mengatakan tol fungsional ini lebih lebar dan panjang dibandingkan lebaran tahun ini. Setidaknya 13 kilometer telah dibuka untuk menjadi jalan tol yang berfungsi. “Panjangnya lebih panjang dari panjang fungsional tahun ini yakni 13 kilometer dan pintu keluar tol 3 kilometer, sekitar 16 kilometer hingga mencapai tol nasional, jalan juga lebih lebar dibandingkan lebaran tahun ini,” kata. Tol Fungsional Jogja-Solo Beroperasi Hari Ini, Diprediksi Dilewati 10 Ribu Kendaraan

About the author: admin

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *