Dorong Percepatan Kesejahteraan Melalui UMKM, Menaker Kukuhkan JAWARA

JAKARTA – Menteri Energi Ida Fauzia resmi meluncurkan organisasi Jangkar Kewirausahaan Nusantara (JAWARA) sebagai wadah bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk berkumpul dan mengembangkan usaha. JAWARA diharapkan dapat mempercepat terciptanya kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan UMKM, menciptakan manusia wirausaha yang tangguh, produktif, inovatif, dan berdaya saing.

Kementerian Ketenagakerjaan melahirkan sekitar 110 ribu pelaku usaha baru setiap tahunnya melalui Program Ketenagakerjaan (TKM). Untuk membantu UMKM berkembang menjadi usaha besar, Ida mengajak para pelaku industri untuk bergabung bersama JAWARA. Dorong Percepatan Kesejahteraan Melalui UMKM, Menaker Kukuhkan JAWARA

Pelita Air Operasikan 11 Pesawat, Bidik 200.000 Penumpang Libur Nataru

“JAWARA ini merupakan inisiatif pemerintah yang mempertemukan para pelaku usaha dari kalangan TKM atau UMKM. Bagi para pelaku usaha lainnya, silakan bergabung dengan JAWARA,” jelas Menteri Ketenagakerjaan Ida dalam siaran persnya, Minggu (24/12/2023).

Ketua Umum Jawara Lukman Prabowo menjelaskan, organisasinya merupakan wadah untuk memperkuat perekonomian umat, mengembangkan usaha, dan memajukan usaha. Dikatakannya, JAWARA berkomitmen untuk membentuk gerakan sociopreneurship termasuk para penerima TKM.

“Dengan sociopreneurship diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menyelesaikan permasalahan sosial. Sekaligus berperan dalam memahami sociopreneurship yang dapat memberikan banyak layanan kepada anggotanya seperti pelatihan, penyuluhan, dan akses pendanaan. . . ,’ kata Lucky, sapaan akrab Lukman.

Untungnya, Javara memiliki banyak program bagus untuk wirausaha. Yakni, pendampingan, pelatihan, pengembangan produk, peningkatan akses permodalan dan akses pasar. Jika pelaku usaha ingin bergabung, lanjut Lucky, bisa mengakses jasarwirasauha.id. Dorong Percepatan Kesejahteraan Melalui UMKM, Menaker Kukuhkan JAWARA

“Proses ini diperkuat dengan kerja sama antar anggota. Meski sinergi dalam bisnis terkadang dianggap buruk karena adanya persaingan menjual produk yang sama, namun secara bersama-sama UMKM dapat memajukan usahanya dan apa yang mereka anggap sebagai pesaingnya,” pungkas Lucky.

See also  Pesanan Shopee Video Meningkat 45X Lipat dan Transaksi Shopee Live 49x lipat di 12.12 Birthday Sale

About the author: admin

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *