Punya Nilai Fisika Bagus? Berikut 10 Jurusan Kuliah yang Cocok Daftar di Jalur SNBP

JAKARTA – Berikut 10 kualifikasi SNBP yang relevan bagi mereka yang memiliki kualifikasi fisika baik. Bagi mereka yang mengambil gelar sains, ada banyak pilihan di perguruan tinggi.

Namun jika nilai fisika kamu bagus, ada banyak jurusan terkait fisika yang patut kamu pertimbangkan untuk dipilih di Program Lanjutan Nasional (SNBP). Mengapa? Artikel kali ini akan membahasnya, check it out! Punya Nilai Fisika Bagus? Berikut 10 Jurusan Kuliah yang Cocok Daftar di Jalur SNBP

1. Fisika

Mata kuliah ini dikenal dengan nama Jurusan Fisika Murni. Program hebat ini akan sangat menarik bagi mereka yang menyukai fisika. Selama kuliah, Anda akan mempelajari mekanika, termodinamika, elektromagnetisme, optik, mekanika kuantum, fisika teoretis, teknik pengukuran, dan analisis data.

Peluang karir di Departemen Fisika sangat beragam. Jika melanjutkan Program Magister, Anda dapat memiliki pekerjaan di bidang penelitian fisika teoretis, fisika kuantum, fisika material, fisika medis, dll.

Ada juga mahasiswa yang bekerja di bidang farmasi, kosmetika bahkan industri kimia. Bidang elektronika, komunikasi, penerbangan dan energi juga diminati lulusan Departemen Fisika.

2. Astronomi

Pernahkah Anda ingin mengejar program sains? Sebenarnya Astronomi adalah mata pelajaran penting yang melibatkan kimia, matematika dan fisika secara bersamaan. 4 Faktor Menentukan Lolos Tidaknya SNBP Selain Nilai Rapor, Cek Apa Saja

Siswa astronomi mempelajari fisika bintang dan planet, pembentukan bintang dan alam semesta, astrofisika planet, observasi astronomi, dan astrofisika ilmiah. Topik-topik seperti teori Big Bang, fotometri, interferometri, mekanika kuantum, relativitas, dan fisika partikel akan sangat menarik bagi mereka yang mempelajari sains.

3. Konstruksi

Arsitektur adalah salah satu jurusan perguruan tinggi terbaik bagi mahasiswa fisika dengan peluang karir yang besar. Seorang arsitek dapat bekerja di perusahaan konsultan arsitektur, Departemen Pekerjaan Umum, perusahaan kontraktor, perusahaan properti, atau membuka praktik swasta.

See also  Dosen UNM Berikan Pelatihan Proposal Skripsi Berkualitas

Pekerjaan di atas bukan pekerjaan yang berhubungan dengan fisika. Namun ketika mempelajari arsitektur, Anda akan mempelajari bahan bangunan, teknologi konstruksi, perencanaan dan pelaksanaan konstruksi, desain jalan, desain air, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan fisika.

4. Teknologi Metalurgi

Mempelajari fisika akan menarik bagi mereka yang menyukai fisika. Program fisika ini memberi Anda kesempatan untuk belajar tentang produksi dan pengolahan logam dan material.

Ekstraksi, peleburan, pembentukan, pengelasan, pemurnian dan modifikasi logam, prosedur analitis, dan sifat bahan logam semuanya dipelajari selama Kursus Teknik Metalurgi.

5. Teknologi nuklir

Jika Anda menyukai fisika, program apa yang bisa Anda ikuti? Salah satunya adalah Teknologi Nuklir. Kuliah di departemen ini memberikan kesempatan untuk mempelajari penerapan ilmu fisika dan teknik, khususnya dalam produksi energi listrik melalui reaksi nuklir.

Topik yang dibahas meliputi aspek sains dan praktis dari reaksi nuklir, desain dan pengoperasian reaktor nuklir, pengendalian bahan radioaktif, dan keselamatan nuklir. Anda juga akan belajar tentang penerapan teknologi nuklir di bidang kedokteran, industri dan penelitian.

6. Geofisika Anda juga dapat bergabung dengan Departemen Geofisika. Dari namanya saja sudah bisa ditebak kalau cabang ini dekat dengan fisika. Selain geografi dan geologi, perkuliahan departemen ini juga berkaitan dengan geologi, hidrologi, meteorologi, geologi, magnetisme, eksplorasi minyak dan gas.

7. Samudera Pasifik

Jurusan SNBP selanjutnya bagi yang memiliki gelar fisika bagus adalah Oseanografi. Perkuliahan di departemen ini mempelajari proses fisika, kimia, biologi dan geologi yang terjadi di lautan.

Sumber daya fisika kelautan, kimia kelautan, biologi kelautan, geografi kelautan, ekologi kelautan, teknologi oseanografi, dan pengelolaan sumber daya air. Jika Anda tertarik untuk mengeksplorasi sumber daya air, mengelola lingkungan laut, atau bahkan meramalkan cuaca dan iklim, program sains ini layak untuk dipertimbangkan.

See also  Kans Lolos IPB Besar, Pilih 15 Jurusan dengan Daya Tampung Besar Jalur SNBP dan SNBT Berikut Ini

8. Teknologi Rekayasa

Selain fisika murni, bagi yang memang menyukai fisika dapat memilih kuliah di Jurusan Teknik Fisika. Di departemen ini Anda akan belajar tentang penerapan prinsip-prinsip fisika dalam bidang teknik. Punya Nilai Fisika Bagus? Berikut 10 Jurusan Kuliah yang Cocok Daftar di Jalur SNBP

Mata pelajaran yang dipelajari meliputi mekanika, termodinamika, elektronika, optik, dan spesialisasi lainnya seperti fisika material, fisika teknik, fisika plasma, dll. Berbagai teknik diajarkan dalam perkuliahan yang bertujuan untuk merancang, membangun dan mengukur sistem fisik.

9. Ajari Orang

Apakah Anda tertarik dengan teknologi, tetapi tidak terlalu peduli dengan fisika? Tenang saja, ada satu lagi jurusan kuliah bagus untuk mahasiswa fisika yang punya peluang karir besar, yaitu Teknik Sipil.

Di sini Anda akan belajar bagaimana merancang, membangun dan memelihara infrastruktur fisik, seperti jembatan, gedung, jalan dan bendungan. Topik yang dibahas meliputi teknik bangunan, teknik struktur, konstruksi jalan, teknik air, teknik lingkungan, dan manajemen proyek.

10. Bekerja Sama Bekerja Sama

Ada juga salah satu perguruan tinggi unggulan bagi mahasiswa fisika yang memiliki peluang karir besar yaitu Teknik Pertambangan. Ilmu pengetahuan utama ini menyelidiki bagaimana sumber daya mineral dan karbon ditemukan, ditambang, diekstraksi, dan diproses.

Mahasiswa Teknik Pertambangan harus menguasai konsep geologi, teknik, teknologi pertambangan, teknologi tanah dan batuan, teknik lingkungan, dan manajemen tambang.

About the author: admin

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *