Suplemen Penurun Kolesterol Ada Beberapa Macam, Bagaimana Aturan Pakainya?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kolesterol merupakan zat lemak yang dapat menumpuk di dalam darah jika seseorang mengonsumsi makanan berlemak, tidak berolahraga, mengalami obesitas, merokok, dan minum alkohol. Kolesterol tinggi harus dikurangi karena dapat meningkatkan risiko terjadinya masalah kesehatan yang berpotensi fatal, seperti serangan jantung atau stroke.

Cara menurunkan kolesterol adalah dengan mengurangi makan makanan berlemak, memperbanyak olahraga, berhenti merokok, dan mengurangi alkohol. Dr Oliver Guttmann dari Rumah Sakit Wellington, bagian dari HCA Healthcare UK, merekomendasikan untuk menambahkan suplemen ke dalam rutinitas harian Anda. Suplemen Penurun Kolesterol Ada Beberapa Macam, Bagaimana Aturan Pakainya?

Dr Guttmann merekomendasikan konsumsi omega-3. Asam lemak omega-3 dalam suplemen minyak ikan diketahui mendukung kesehatan jantung. Heboh Obat Sirup Ditarik BPOM, Ini 4 Cara Meredakan Demam pada Anak Tanpa Obat

Asam lemak omega-3 bermanfaat bagi jantung karena mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi pembuluh darah, kata dr Guttmann seperti dikutip Express, Senin (18/12/2023).

Selain itu, penggunaan sterol dan stanol harus diperhatikan. Menurut Dr. Guttmann, sterol dan stanol tumbuhan membantu menurunkan kolesterol LDL “jahat” dengan menghalangi penyerapannya.

“Serat larut, seperti psyllium, dalam bentuk suplemen mengikat kolesterol sehingga memudahkan tubuh menghilangkannya, sedangkan produk bawang putih dapat menurunkan produksi kolesterol di hati,” kata Dr.

Terakhir, Dr. Guttmann merekomendasikan niasin. Niacin dapat meningkatkan kolesterol HDL “baik” dan menurunkan kolesterol LDL “jahat”. Kolesterol jahat mengacu pada kolesterol yang dapat berkontribusi pada penumpukan plak di arteri, sehingga meningkatkan risiko gangguan kesehatan jantung.

Berbagai suplemen ini sering digunakan untuk mengendalikan kolesterol tinggi. Perlu dicatat bahwa ini tidak boleh dilihat sebagai tempat untuk gaya hidup sehat.

Penting untuk menjaga kecukupan nutrisi dan melakukan aktivitas fisik secara teratur. Pasalnya, faktor gaya hidup tersebut sangat penting untuk kesehatan jantung secara keseluruhan. Suplemen Penurun Kolesterol Ada Beberapa Macam, Bagaimana Aturan Pakainya?

See also 

“Ingatlah bahwa suplemen dimaksudkan untuk melengkapi gaya hidup sehat, bukan sebagai alternatif. Mereka bersinergi dengan nutrisi yang baik dan olahraga teratur,” ujarnya.

About the author: admin

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *